Kamis, 29 Maret 2012

Perilaku keorganisasian - konflik didalam organisasi

Konflik didalam organisasi masyarakat

Manajemen konflik merupakan serangkaian aksi dan reaksi antara pelaku maupun pihak luar dalam suatu konflik.Dalam setiap organisasi,terjadinya konflik merupakan sesuatu hal yang tidak dapat dihindarkan.Hal ini terjadi karena di satu sisi pihak-pihak yang terlibat memiliki karakter,visi,tujuan maupun gaya yang berbeda-beda,karena tidak semua konflik  merugikan organisasi

Saya pernah mengalami beberapa pengalaman konflik yang saya alami di dalam organisasi,salah satunya konflik yang saya alami di dalam organisasi masyarakat,pengalaman ini terjadi kira-kira dua tahun yang lalu,dimana waktu itu saya dan para anggota kelompok lainnya   berencana membuat sebuah kompetisi futsal.Perbedaan pendapat atau konflik antara anggota kelompok memang sering mewarnai di setiap organisasi.Ketua di organisasi kami mengadakan rapat untuk membahas rencana pembuatan sebuah kompetisi atau turnamen, dan beberapa ide dan pendapat bermunculan dari angota-angota lainya,saya berpendapat agar kompetisi futsal ini di adakan dalam sistem fase grub di dibagi menjadi 8 grub dari 32 team,dan baru sistem gugur di 18  besar team,tapi anggota lain berbeda pendapat dengan saya,dia berpendapat bahwa sistem grub itu terlalu lama dan sangat memakan waktu,karena jam sewa lapangannya jadi lebih banyak,serta lebih banyak uang yang harus dikeluarkan untuk keperluan lainya,seperti menyewa wasit,menyewa lapangan,dll.karena menurut saya dan para anggota yang lain menerima pendapat dia ,saya dengan besar hati menerima pendapat anggota lainnya,dan diputusakan bahwa sistem turnamen atau kompetisi futsal yang  akan di adakan sistem knock out atau sistem gugur.

Perbedaan pendapat atau konflik yang terjadi di dalam sebuah organisasi tidak sema-mata buruk,konflik yang terjadi di organisasi dapat menjadi kan kita lebih dewasa,bijaksana dalam menerima pendapat orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar