ANALISIS
PERAMALAN PENJUALAN PADA PABRIK TAHU PETIS LESTARI
· Latar
Belakang
Dalam menghadapi era globalisasi seperti saat
ini Indonesia mempunyai tantangan berat untuk membenahi perekonomian negara
yang belum stabil. Selain itu globalisasi ekonomi telah memaksa negara untuk
membuka pasarnya untuk semua pelaku ekonomi, baik antar pelaku ekonomi domestik
maupun ekonomi mancanegara. Hal ini menjadikan persaingan semakin ketat,
sedangkan pasar yang diperebutkan semakin sempit dan membawa pelaku ekonomi
dituntut masuk ke dalam persaingan yang kompetitif.
Dalam menghadapi persaingan yang semakin
ketat, dibutuhkan bahan info penting yang dapat membantu perusahaan untuk
mencapai target penjualan. Adapun bahan pertimbangan merupakan peramalan dimana
akan memprediksi hasil penjualan yang akan di dapat di masa datang hingga
memberikan keuntungan semaksimal mungkin. Dengan mengetahui ramalan penjualan
maka perusahaan mengambil langkah-langkah yang lebih efisien agar pencapaian
target penjualan dapat terlaksana.
Di dalam menjalankan usaha, pemilik Pabrik
Tahu Petis Lestari dituntut agar dapat memperbaiki erta menambah jumlah produk
yang dihasilkannya. Penjualan terkadang sisa dan terkadang kekurangan. Oleh
karena itu, dibutuhkan peramalan agar terget penjualan dapat terlaksana dengan
baik. Penulis tertarik untuk mengangkat masalah ini sebagai judul Penulisan
Ilmiah dengan judul “Analisis Peramalan Penjualan pada Pabrik Tahu Petis
Lestari”.
· Rumusan
Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah tersebut
maka penulis merumuskan masalah tentang bagaimana cara perusahaan meramalkan
penjualan tahu bulan juni 2009 dari data penjualan bulan juni 2008 sampai
dengan mei 2009 pada Pabrik Tahu Petis Lestari.
· Batasan
Masalah
Dalam Penulisan Ilmiah ini penulis membatasi
masalah hanya pada Peramalan Penjualan Pabrik Tahu Petis Lestari dari data
penjualan tahu bulan juni 2008 sampai dengan mei 2009. Alat analisis yang
digunakan dengan menggunakan Moving Average 2 Periode dan 3 Periode. Penelitian
dilakukan 26 April 2009 di desa Kemantren kota Cirebon.
· Tujuan
Penelitian
Tujuan penulisan melakukan penelitiaan adalah
ingin mengetahui peramalan target penjualan tahu bulan Juni 2009.
· Metode
Penelitian
1. Objek Penelitian
Penelitian ini dilakukan di Pabrik Tahu Petis
Lestari yang berlokasi di jalan Pangeran Cakra Buana RT 01 no. 100 di desa
Kemantren kota Cirebon.
2. Data dan
Variabel
Karena penulis ini hanya membahas mengenai
Peramalan Penjualan Pabrik Tahu maka data yang digunakan dalam penulisan ini
adalah data Interview dan Observasi.
· Metode
Pengumpulan Data
1. Interview
Yaitu dengan melakukan tanya jawab langsung
dengan pihak perusahaan terutama yang mengetahui atau yang bertugas di bidang
pemasaran.
2. Observasi
Yaitu dengan mengadakan pengamatan langsung
terhadap kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan.
3. Studi Pustaka
Yaitu metode pengumpulan data dengan cara
membaca dan memahami buku-buku yang berkaitan dengan peramalan penjualan dengan
menggunakan metode moving average.
· Manfaat
Penelitian
1. Bagi
perusahaan
Dapat menetapkan target penjualan melalui ramalan
penjualan.
2. Bagi
mahasiswa
Mengetahui bagaimana suatu perusahaan
meramalkan target penjualan di masa yang akan datang.
· Kesimpulan
Forecast / peramalan penjualan dilakukan
dengan berbagai macam teknik peramalan antar lain : Moving Average, Weight
Moving Average, Exponential Smoothing, dan Least Square. Penulisan dalam
peramalan menggunakan Moving Average dengan rata-rata bergerak 2 bulan dan
rata-rata bergerak 3 bulan untuk melakukan peramalan tersebut. Hasil
perhitungan dengan dengan menggunakan rata-rata bergerak 2 bulan untuk
peramalan bulan juni 2009 sebesar 173.397 dengan kesalahan peramalan MAD
sebesar 65,6 dan untuk perhitungan rata-rata bergerak 3 bulan untuk peramalan
bulan juni 2009 sebesar 188.072 dengan kesalahan (MAD) sebesar 1.656,78. Metode
yang baik digunakan dengan menggunakan rata-rata bergerak 2 bulan karena
kesalahan perhitungan lebih kecil dan mendekati kenyataan penjualan yang
diperoleh.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar