analisis
jurnal 3
Tema
: game online
Judul
: Dampak Perkembangan Game Online terhadap Pola Perilaku Remaja di Surakarta
Pengarang : Tamao jaka
seriawan
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Dalam 10 tahun terakhir, permainan elektronik atau yang kita sering sebut
dengan game online telah mengalami kemajuan yang sangat pesat. Ini bisa kita
lihat di kota-kota besar, tidak terkecuali juga kota-kota kecil, banyak sekali
game center yang muncul. Game center itu sendiri tidak seperti halnya warnet,
mereka memiliki pelanggan tetap yang lebih banyak daripada warnet. Inilah yang
membuat game center hampir selalu ramai dikunjungi.
Game saat ini tidak seperti game terdahulu, jika dahulu game hanya bisa maksimal
dimainkan dua orang, sekarang dengan kemajuan teknologi terutama jaringan
internet, game bisa dimainkan 100 orang lebih sekaligus dalam waktu yang
bersamaan.
Game online dapat memberikan suatu kepuasan dan penghormatan dari orang lain
yang mungkin tidak didapatkan oleh para gamer di dunia nyata. Dan dari sinilah,
interaksi pada para gamer tumbuh, dimana muncul suatu ikatan emosional maya
yang cukup kuat. Entah itu terwujud dalam bentuk yang dapat bernilai positif
atau negatif. Manusia sebagai mahluk sosial di zaman modern.Dengan seiring
berjalannya jaman yang semakin maju dimana teknologi dituntut untuk dapat
memenuhi kebutuhan manusia secara fisik ataupun psikis (mental). Teknologi yang
digunakan untuk menanggulangi kontradiksi dalam tatanan sosial justru akan
menimbulkan kontradiksi baru di belakangnya. Manusia modern adalah orang yang
gemar mencari sesuatu sendiri, mempunyai kebutuhan untuk berprestasi dan gemar
mencari sesuatu yang berbeda dari orang lain
Walaupun game ditujukan untuk anak-anak, tidak sedikit pula orang dewasa kerap
memainkannya bahkan tidak sedikit yang menjadikannya sebagai pekerjaan dan
mendapat penghasilan dari bermain game. Maraknya beredar game online di
Indonesia membuat fenomena baru di kalangan penggemar game. Dari yang hidupnya
kacau hingga anak sekolah atau kuliah yang tidak lulus. Bermain game memang
mempunyai dua sisi, negatif dan positif. Dari segi positif bisa melatih pola
berpikir, reflek, dan mungkin juga dijadikan ajang untuk mendapatkan uang
dengan mengikuti pertandingan atau menjual item dan karakter di game.Memang
terbukti dari sebuah penelitian bahwa bermain game bisa membuat anak-anak
menjadi lebih cerdas bila dibandingkan yang tidak, walau penelitian ini masih
berbau kontrovesi dan belum bisa dipertanggung jawabkan.
Game Online juga membawa dampak yang besar terutama pada perkembangan anak
maupun jiwa seseorang. Walaupun kita dapat bersosialisasi dalam game online
dengan pemain lainnya, Game online kerap membuat pemainnya melupakan kehidupan
sosial dalam kehidupan sebenarnya.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas maka umusan masalah yang dapat diambil adalah
:
1. Bagaimanakah dampak yang muncul akibat perkembangan game online terhadap
perilaku sosial remaja sekarang ?
C. Tujuan Masalah
Untuk mengetahui pengaruh perkembangan game online terhadap pola perilaku
sosial remaja di kelurahan Sumber Banjarsari Surakarta.
1. Untuk mengetahui dampak positif dan dampak negatif perkembangan game online
di kelurahan Sumber Banjarsari Surakarta.
2. Untuk mengetahui upaya apa saja untuk menanggulangi dampak negatif
perkembangan game online.
A.
Kesimpulan
Perkembangan teknologi yang pesat di era modern ini merupakan sebuah tantangan
bagi generasi muda.Setiap menusia memang tidak bisa jauh dari peralatan
teknologi informasi.Akan tetapi semua itu mempunyai dampak positif dan negatif.
Kita sebagai serang remaja yang berfikir harus bisa memilah dan memilih mana
yang baik.Bermain game online tidak masalah apabila hanya digunakan sebagai
pengisi waktu senggang dan menghilangkan kesuntukan,tetapi apabila dilakukan
secara terus menerus dengan jangka waktu yang sangat lama,sampa lupa hal-hal
yang lain,itu sangat berbahaya dan sangat merugikan diri kita sendiri.
Dampak-dampak yang merugikan remaja diantaranya :
1. Sulitnya konsentrasi dan susahnya bersosialisasi.Karena terus-menerus
keasyikan main game online bahkan kecanduan,itu akan membuat seorang
anak/remaja malas belajar dan sulit berkonsentrasi.Banyak pelajar suka
membolos,demi permainan ini.
2. Dampak secara sosial,game online membuat anak/remaja menjadi acuh dan kurang
peduli dengan lingkungan.Selain itu permainan game online juga mengakibatkan
penurunan gelombang otak depan yang memiliki peranan sangat penting,dengan
pengendalian emosi dan agretivitas sehingga mereka cepat mengalami perubahan
mood,sepeti mudah marah,mengalami masalah dalam hubungan sosial,tidak konsentrasi,dan
mengalami penurunan gelombang beta merupakan efek jangka panjang yang tetap
berlangsung meskipun gamer sedang tidak bermain.
Namun diluar itu,sebenarnya perkembangan game online juga memiliki pengaruh
yang baik bagi para gamer,jika mereka mampu mengontrol diri dan tidak
terjerumus kecanduan game.Dampak positif yang muncul diantaranya para pemain
game strategi dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan menganalisa suatu kasus
tertentu,para pemain game juga memiliki fokus yang lebih dibandingkan dengan
orang lain.Permainan game juga mampu membuat anak/remaja menghilangkan stress
dan kepenatan dari aktivitas sekolah.Manfaat lainnya yaitu secara tidak
langsung pemain game akan menguasai beberapa bahasa asing yang biasanya ada
pada dialog game dan prolog game.Apabila setiap hari kita membacanya maka
lama-kelamaan akan mengerti maksud dari kosakata yang ada,serta menambah
perbendaharaan kata khususnya bahasa asing.Dalam beberapa tipe game seperti
game action strategi juga bermanfaat untuk meningkatkan skill dalam
bernegosiasi, mengambil keputusan, ataupun melakukan perencanaan, dan berpikir
strategis dalam situasi tertentu
Referensi
DAFTAR
PUSTAKA
Al Fatta, Hanif. 2007,Analisi dan Perancangan Sistem Informasi,Yogyakarta :
AndiOffset
Antonius Felix Tjiia.2008.Presepsi dan perilaku,ditelusuri melalui :
http://antoniusfelix-shared.blogspot.com/2008/10/definisi-persepsi.html,diakses
pada Senin,4 April 2011 jam 15.44
http://tutorialkuliah.blogspot.com/2009/05/dasar-dasar-teori-permainan
game.html
Lask,B.1991,Memahami dan Mengatasi Masalah Anak,Jakarta : Gramedia Pustaka
Utama
Sarwono,SW.1990.Psikologi Remaja.Jakarta : Rajawali Press
Wawan Setiawan.2004.Pengantar Tekhnologi informasi Ilmu Komputer,Bandung : UPI
Pers
Tidak ada komentar:
Posting Komentar